Install WordPress Manual di 000webhost


Cara menginstall WordPress Manual di hosting 000webhost.com. Kenapa mesti install manual? Karena saat ini layanan install automatis dengan software Fantastico di CPanel belum dapat digunakan lagi, dan hanya bisa jika kita mengupgrade akun kita, tentunya dengan biaya. Sebenarnya layanan hosting gratis lainnya yang dapat menginstall WordPress Otomatis yang dapat dicoba juga yaitu byethost.com. Artikel ini merupakan jawaban atas permintaan dari sahabat Blogger Aizi untuk di hosting gratis 000webhost.com. Layanan ini cukup bagus digunakan, selain gratis Space dan BandWidth yang disediakan cukup untuk menampung ribuan pengunjung.

Hal pertama yang mesti dipersiapkan, yaitu telah memiliki akun di 000webhost.com terlebih dahulu. Kemudian persiapkan domain yang akan digunakan. Dapat juga menggunakan layanan domain gratis, seperti dari www.co.cc, atau dapat juga menggunakan subdomain yang telah disediakan oleh hosting 000.webhost.com.

Selanjutnya, silakan buat database terlebih dahulu dari menu MySQL yang ada di Control Panel. Isikan data-data seperti: MySQL database name, MySQL user name, dan Password. Jika telah selesai diisi, selanjutnya tekan tombol Create database. Berikutnya akan ditampilkan daftar dari database yang telah Anda buat. Silakan catat, karena data tersebut diperlukan untuk ditambahkan pada file wp-config.php. Memang ada sedikit perbedaan dengan cara menginstall WordPress Offline.

Berikutnya, silakan upload engine WordPress, ke dalam direktori utama public_html. Sebaiknya diupload dalam format zip terlebih dahulu, agar keseluruhan file terupload semua. Untuk mengupload software WordPress tersebut dapat menggunakan File Manager yang ada di CPanel atau menggunakan Software FTP, seperti: SmartFTP, dan FileZilla. Setelah diupload, silakan ekstrak file zip tadi sehingga keseluruhan file WordPress terletak di dalam direktori public_html.

Agar WordPress ini dapat diinstall, maka kita harus mengatur konfigurasi terlebih dahulu. Yaitu dengan menambahkan database yang telah dibuat tadi, dengan cara mengedit file wp-config-sample.php menggunakan text editor, seperti Notepad, kemudian rename menjadi wp-config.php. Tambahkan data-data yang ada di MySQL, yaitu dengan mengedit database sebagai berikut:

  • (’DB_NAME’,’sesuai di MySQL‘) misalnya: 123456_tony. 123456 adalah nama akun Anda, sedangkan tony nama database yang Anda masukkan tadi. maka menjadi (’DB_NAME’,’123456_tony‘).

  • (’DB_USER’,’sesuai di MySQL‘) sama seperti di atas, misalnya: 123456_blog atau 123456_tony, sesuai database yang dibuat.

  • (’DB_PASSWORD’,’password Anda‘) sesuai dengan password yang Anda buat tadi.

  • (’DB_HOST’,’sesuai database‘) sesuai dengan data yang disediakan di MySQL untuk akun Anda, yaitu pada bagian MySQL Host, misalnya: mysql6.000webhost.com. Maka menjadi (’DB_HOST’,’mysql6.000webhost.com‘).

Berikutnya, silakan disimpan perubahan yang telah dibuat. Dan pastikan nama filenya sudah diganti menjadi wp-config.php. Tahapan berikutnya, silakan akses domain yang Anda gunakan tadi, misalnya: http://www.domainanda.com atau http://www.domainanda.co.cc, dll. Setelah itu akan ditampilkan halaman untuk menginstall WordPress. Masukkan data yang diperlukan, seperti: Judul Blog.

Sekarang Anda telah berhasil menginstall WordPress manual, dan Blog WordPress dari WordPress.org Anda telah dapat digunakan. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: